Pengenalan Form pada VB NET 2008

Pada topik sebelumnya, kita telah belajar memulai suatu project baru dalam VB NET 2008 Express. Sekarang, akan diulas mengenai salah satu aspek yang paling menonjol dalam pemrograman dengan Visual Basic, yakni Form.

 Di dalam Visual Basic, terdapat 2 Environment:

  1. Design Environment; dan
  2. Debug Environment
Pada Design Environment, kita dapat melakukan banyak hal mulai dari pengaturan letak kontrol, proses koding dan sebagainya. Sedangkan Debug Environment merupakan mode percobaan atau pengujian dari program yang kita buat.
Untuk saat sekarang kita tidak perlu dibingungkan oleh kedua pengertian tersebut, karena lambat laun hal tersebut akan lebih dipahami sejalan dengan perkembangan pembelajaran kita.
 
 Kembali pada project baru kita, Latihan1. Sekarang, cobalah lakukan 3 langkah di bawah ini:
  1. Pada bagian menu, klik : Debug  --> Start Debugging
  2. Pada bagian Toolbar, klik Icon segitiga (seperti icon utk tombol "play") dengan tulisan yang sama, Start Debugging
  3. Tekan tombol F5 pada keyboard
ketiga langkah diatas, dapat ditutup dengan mengklik icon X pada form anda. 
Selamat! anda telah berhasil menjalankan sebuah program anda sendiri. Meski demikian, ada banyak hal yang tampaknya masih kurang, bukan? Ya, sebuah program tentu saja harus memiliki manfaat, tujuan dan fungsi program itu dibuat.
Mari kita mulai melakukan sesuatu dengan Form kita ini. Sebelumnya, pastikan anda telah berada pada Debug Mode terlebih dahulu. Pertama, kita akan mendesain Form ini dengan beberapa kontrol sebagaimana layaknya program-program lain yang kita kenal, contohnya seperti textbox yang biasanya digunakan untuk meng-input teks, beberapa tombol yang dapat digunakan untuk mengeksekusi perintah, serta kontrol-kontrol lain nya.
Kontrol-kontrol tersebut terdapat di menu sebelah kiri, memanjang ke bawah (vertikal), disebut dengan istilah Toolbox.
 

Menambahkan Control melalui Toolbox

Terdapat beberapa kategori pada Toolbox, untuk mengaksesnya anda dapat mengklik kiri tanda (+) pada masing-masing kategori. Untuk project kita sekarang, kita membutuhkan kontrol yang terdapat pada kategori Common Control. 
Sebagaimana yang kita lihat, terdapat berbagai macam kontrol pada kategori ini. Mulai dari Button, Label, Textbox dan sebagainya dengan masing-masing fungsi yang akan kita bahas nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar