Textbox

Mari kita mulai dengan memasukkan Textbox pada Form Latihan1. Lakukan hal tersebut dengan cara berikut:

  1. Cari dan temukan kontrol Textbox pada kategori Common Control
  2. Klik atau Double Klik Icon Textbox tersebut
  3. Textbox telah berada di Form Latihan1
 Kita dapat mengatur ukuran dan posisi Textbox tersebut sesuai keinginan, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.
Ada kotak-kotak kecil di bagian pinggir kontrol Textbox yang apabila anda klik kiri dan drag (menggeser dengan menahan tombol kiri pada mouse), ukuran textbox akan berubah. Bila pada saat kita menggeser posisi mouse di atas atas kontrol Textbox kemudian kursor berubah menjadi seperti tanda (+) dengan anak panah, artinya kita dapat menggeser atau memindahkan posisi Textbox tersebut ke lokasi lain pada form sesuai dengan keinginan kita.
Sekarang tambahkan 2 Textbox lainnya ke dalam Form, lakukan dengan cara yang sama dan atur sedemikian rupa sehingga posisi ketiga textbox akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini.
 
Menambahkan Label pada Form
Setelah kita mempunyai 3 textbox pada form, sekarang kita akan tambahkan kontrol Label. Caranya sama seperti kita memasukkan kontrol Textbox pada Form :
  1. Cari dan temukan kontrol dengan nama Label pada kategori Common Control
  2. Klik atau Double Klik kontrol tersebut
Tambahkan 2 buah kontrol Label lagi ke dalam Form dan atur sedemikian rupa sehingga posisi kontrol-kontrol tersebut tampak seperti pada gambar di bawah ini.
 
Jalankan program kita dengan menekan tombol F5 pada keyboard, atau melalui menu Debug-->Start Debugging. Untuk menghentikan Debug Mode, kita dapat mengklik tanda silang (X) pada Form dan kembali pada Design Environment. Selain mengklik tanda Close pada Form, kita dapat juga menghentikan Debug Mode melalui Debug Toolbar, dengan icon seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.
 
Awal yang cukup mudah untuk mulai membuat suatu program bukan? Kita telah mempelajari cara menambahkan Control pada Form, yakni Textbox dan Label. Namun, masih banyak hal yang masih kurang disini. Contohnya, label-label tersebut masih tertulis sebagai "Label1", "Label2" dan "Label3". Untuk mengubahnya, kita harus memanfaatkan sifat yang dimiliki kontrol-kontrol tersebut. Dinamakan dengan istilah Property.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar