Properties pada VB NET

Untuk melihat Property, pertama-tama kita pilih salah satu bagian dari program kita ini misalnya kita pilih Form itu sendiri. Arahkan mouse ke salah satu area Form yang kosong, kemudian klik kiri. Form1 telah terpilih, hal ini ditandai dengan kotak transparan yang mengelilinginya.


Untuk melihat property apa saja yang dimiliki Form1, kita dapat melihatnya pada bagian sebelah kanan jendela Visual Basic. Akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini.
 
Pada bagian paling atas, tertulis Form1 System.Windows ... merupakan nama kontrol tersebut, bila anda memilih kontrol Textbox misalnya, maka akan tertulis Texbox1, Textbox2 dll.
Mengubah property sebuah Control Object, dapat dilakukan dengan 2 cara :
  1. Melalui jendela property seperti pada gambar di atas
  2. Melalui Kode, kita akan seringkali perlu melakukan hal ini nantinya
Sekarang, temukan bagian Text pada property Form1, klik pada bagian itu seperti pada gambar di atas. Property Text  merupakan bagian property yang dimiliki oleh Form1. Ubahlah tulisan Form1 di sebelah kanan property Text menjadi Latihan 1. Kini, kita telah mengubah sesuatu pada Form1 yang dapat terlihat seperti pada gambar di bawah ini.
Apakah perubahan pada Form1 terlihat? Benar, tulisan pada bagian kiri atas Form kita telah berubah sesuai dengan yang kita tuliskan, yaitu dari Form1 menjadi Latihan 1.
Lakukan hal yang sama untuk Label1, Label2 dan Label 3. Gantilah property Text ketiga kontrol tersebut masing-masing :
  1. Label1 --> Nama Depan
  2. Label2 --> Nama Belakang
  3. Label3 --> No. Telepon
Jalankan program kita dengan menekan tombol F5 pada keyboard.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar