Property - Bagian 2

Pada bagian sebelumnya, kita telah belajar cara mengubah property "Text" pada kontrol. Pada bagian ini, akan dibahas mengenai salah satu property lain yang dimiliki oleh kontrol, yakni property "Font".

 Klik kiri Label1 (yang telah diganti menjadi "Nama Depan")

Pada jendela "Properties", scroll ke atas dan cari property "Font". Ubah setting property font menjadi :
Font : Arial -> Font Style : Bold -> Size : 10
Klik OK.
Selain itu, kita juga bisa mengubah property-property lainnya seperti pengaturan tampilan warna, latar belakang gambar dll.

Menambahkan Kontrol ComboBox , ListBox dan Button

Kembali ke Toolbox di bagian sebelah kiri, carilah kontrol ComboBox , ListBox dan Button kemudian masukkan kedua kontrol tersebut ke dalam Form Latihan 1. Gunakan metode yang sama untuk mengubah beberapa nilai property nya. Tambahkan pula satu kontrol Textbox lagi ke dalam Form.
Atur posisi kontrol-kontrol tersebut sehingga tampak seperti pada gambar di bawah ini.
 
Sekarang kita memiliki sebuah Form dengan tampilan yang lebih kompleks. Tidak perlu khawatir, kita nanti akan bermain-main dengan kontrol-kontrol ini secara perlahan. Pembahasan lebih jauh tentang implementasi dan hal-hal yang bisa kita manfaatkan dari control object di atas akan dikemukakan pada bagian berikutnya dari tutorial ini.

Menyimpan Project File

Sebelum melangkah lebih jauh dengan Form Latihan 1, marilah terlebih dahulu kita lakukan penyimpanan (save) hasil pekerjaan kita saat ini. Saving hasil pekerjaan secara rutin akan sangat berguna sekali, terlebih lagi bila kita bekerja dengan koding yang jauh lebih kompleks lagi untuk menghindari kehilangan data yang sudah dengan susah payah kita kerjakan.
Untuk menyimpan project file, caranya sama seperti aplikasi-aplikasi lain pada umumnya. Kita bisa melakukannya dengan beberapa cara, diantaranya :
  1. Klik Menu --> File --> Save All
  2. Mengklik icon Save atau Save All pada toolbar
  3. Menggunakan shortcut : ctrl+S untuk Save, dan Ctrl+Shift+S untuk Save All

Tidak ada komentar:

Posting Komentar