Variable - Pendahuluan

Variable (atau dalam ejaan bahasa Indonesia ditulis : variabel) merupakan tanda (identifier), simbol, atau sesuatu yang memiliki nilai yang disimpan ke dalam memori komputer yang dapat digunakan kemudian untuk dimanipulasi atau diterapkan pada suatu ekspresi pemrograman. 

 

Bayangkan sebuah bank, anda memiliki beberapa nomor rekening di sebuah bank. Masing-masing rekening diberikan kartu ATM dengan nomor kartu dan PIN yang berbeda. Suatu saat anda lupa nomor PIN 2 buah kartu ATM yang anda miliki sedangkan anda harus mengambil sejumlah uang dari kedua rekening tabungan itu, maka anda pergi ke bank dan meminta bantuan untuk mencairkan sejumlah uang dari 2 rekening yang berbeda. Untuk itu, bank membutuhkan informasi kedua nomor rekening anda agar permohonan anda untuk mencairkan uang dapat diproses. Nah, nomor rekening merupakan penanda (identifier) yang menunjukkan bahwa pemilik nomor rekening x itu adalah anda, dan membedakan anda dengan nasabah lainnya sehingga pihak bank tidak akan keliru dalam memproses rekening tabungan nasabahnya.
 
Contoh di atas merupakan gambaran pengertian nomor rekening sebagai variable pemiliknya (nasabahnya). Begitu pula dengan penerapan variable di dalam Visual Basic, variable akan seringkali kita gunakan untuk membantu dalam berbagai ekspresi penulisan kode (koding).
 
Baiklah, saya rasa cukup basa-basinya. Sekarang mari kita uji hal berikut ini:
 
Dim bilangan1 As Integer
Dim bilangan2 As Integer
 
bilangan1 = 3
bilangan2 = 5
Kode diatas merupakan salah satu contoh cara Visual Basic dalam mengekspresikan sesuatu (contoh penulisan kode dalam Visual Basic). Akan kita bahas satu persatu konsep dan pengertian dari tulisan di atas.
  • Dim
Singkatan dari "Dimension" yang merupakan salah satu Variable. Kita memberitahukan kepada VB bahwa menyatakan sesuatu dengan Variable ini. Terdapat banyak Variable pada VB, namun untuk saat ini pastikan untuk penulisan Variable selalu diawali dengan "Dim".
  • AS Integer
Menunjukkan pada Visual Basic, bahwa variable yang akan kita gunakan adalah berupa angka (integer).
  • bilangan1 dan bilangan2
ini adalah nomor rekening seperti contoh yang dikemukakan di atas
  • bilangan1 = 3   dan  bilangan2 = 5
Tanda (=) tidak benar-benar berarti (=) seperti dalam simbol matematika. Tanda tersebut menunjukkan pada Visual Basic, bahwa kita menetapkan angka "3" sebagai nilai yang akan diberikan pada "bilangan1" dan seterusnya.
 Untuk lebih jelas lagi aplikasi Variable pada Visual Basic, akan kita bahas lebih mendalam pada bagian Tutorial selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar