Variable - Bagian 2

Untuk memahami lebih jauh lagi mengenai penggunaan variable, buka kembali Latihan1 yang telah kita hias dengan beberapa kontrol. 

 

Double klik (klik ganda) kontrol "Button", akan memindahkan anda ke sebuah jendela baru atau disebut dengan istilah "Coding Window"
Perhatikan gambar di bawah ini :
 
(catatan: tanda "_" pada gambar mungkin tidak terdapat di layar anda, hal tersebut dimaksudkan untuk memotong penulisan kode yang panjang menjadi lebih pendek).
Posisikan kursor seperti pada gambar di atas, berada diantara baris "Public Sub ... " dan baris "End Sub". Sebelumnya kita  akan bahas dahulu kode yang secara otomatis dihasilkan pada saat kita memasuki jendela koding.
Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, _
                                                  ByVal e As System.EventArgs) _
                                                  Handles Button1.Click

End Sub

Private menunjukkan bahwa bagian lain pada program tidak akan melihat bagian kode ini selain kontrol Button yang kita maksudkan
Sub singkatan dari "Subroutine". Menunjukkan pada VB bahwa kode diatas harus dijalankan (dieksekusi)
Button1 nama kontrol yang kita miliki. Mungkin saja diantara kita ada yang sempat mengganti tulisan Button1 pada saat pembahasan mengenai property, namun kenapa tulisan Button1 masih tetap muncul? bukan seperti yang kita ganti?. Property "Text" berbeda dengan property "Name" dan setiap kontrol memiliki 2 property tersebut.
_Click ( ) bagian ini disebut dengan istilah "Event". Dengan kata lain, pada saat tombol Button1 diklik akan terjadi event "Click" sehingga menyebabkan kode yang kita tulis dijalankan atau dieksekusi oleh program kita.
End Sub merupakan akhir dari bagian kode yang kita tulis.
Hal-hal di atas tidak perlu dihafalkan, kita cukup pahami konsepnya saja.

Menulis Kode VB NET Pertama Anda

Dengan posisi kursor mouse seperti pada gambar di atas, tuliskan kode di bawah ini:
Dim angka1 As Integer
Dim angka2 As Integer
Dim jawaban As Integer
angka1 = 5
angka2 = 3
jawaban = angka1 + angka2
MsgBox  jawaban
setelah menuliskan kode di atas, di layar anda mungkin akan tampak seperti gambar ini
Simpan (save) hasil pekerjaan kita. Setelah itu, jalankan program dengan menekan tombol F5 pada keyboard. Klik tombol "Button1" untuk melakukan pengujian kode yang telah kita tulis.
Tutup program kita dan kembali lagi ke Design Environment. Jika anda kesulitan untuk kembali ke jendela koding, anda dapat mengklik salah satu tab diatas dengan tulisan "Form1.vb [Design]"
Penjelasan kode:
Pertama, dengan kata "Dim" kita memberitahukan pada VB bahwa kita akan menentukan variable. Selanjutnya, kita menentukan nama variable kita (angka1, angka2 dan jawaban). Diikuti dengan kata "Integer", kita memberitahukan pada VB bahwa variable yang kita buat itu adalah angka.
Setelah kita menentukan ke-3 variable tersebut, kita meminta VB untuk menjumlahkannya dengan perintah "angka1+angka2". Yang terakhir, hasil dari penjumlahan itu akan ditampilkan dalam bentuk "Message Box" (MsgBox).
Sekarang, kembali pada kode yang tadi kita tulis. Gantilah tulisan "MsgBox (jawaban)" menjadi:
Textbox4.Text = jawaban
Jalankan program dengan menekan tombol F5 pada keyboard, dan klik tombol Button1. Perhatikan perbedaannya.
Ya benar, sekarang hasil penjumlahannya tidak ditampilkan dalam bentuk "Message Box" lagi, namun pada TextBox  yang berada di bawah tombol Button1 (TextBox4).
Property "Text" pada TextBox4.Text memiliki pengertian yang sama dengan property Text seperti yang telah kita bahas pada bagian jendela property.
Kita semakin "dekat" dengan bahasa Visual Basic, bukan?
Lakukanlah beberapa perubahan pada kode di atas dengan melakukan latihan-latihan di bawah ini untuk semakin meningkatkan pemahaman anda.

Latihan

  1. Gantilah nilai variable pada "angka1" dan "angka2" sesuai keinginan anda, dan jalankan program dengan menekan tombol F5 untuk  melihat hasilnya.
  2. Ubah operasi bilangan " + " menjadi pengurangan ( - ), pembagian ( / ) dan perkalian ( * ). Jalankan program untuk menguji dan melihat hasilnya.
  3. Tambahkan variable lainnya, misal: "angka3 As Integer" tentukan nilainya (misal: angka3 = 5), masukkan ke dalam operasi penambahan, pengurangan, pembagian dan perkalian seperti kedua variable sebelumnya. Uji dan jalankan program.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar